HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KECEMASAN KELUARGA PASIEN YANG MENDERITA STROKE DI RSI NU DEMAK

Emma Setiyo Wulan, Iin Widdiyanti

Abstract


Stroke merupakan penyakit bahaya dan menyebabkan kematian, sehingga keluarga merasa cemas akan keadaan yang bisa berubah setiap saat. Kecemasan yang dialami oleh keluarga pasien kemungkinan disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan informasi tentang perkembangan atau kondisi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dngan kecemasan kelurga pasien dengan penyakit stroke di RSI NU Demak. Desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua keluarga pasien stroke yang di rawat di RSI NU Demak berjumlah 45 orang. Sampel adalah sebanyak 45 responden dengan teknik purposive sampling. Variabel independen tingkat pengetahuan keluarga dan variabel dependen kecemasan keluarga. Instrumen kuesioner, analisis data uji Rank Spearman. Hasil didapatkan sebagian besar mengalami tingkat kecemasan sedang dan setengahnya memiliki tingkat pengetahuan sedang. Uji didapatkan ? = 0,000 artinya ? < ? = 0,05 maka H? ditolak artinya ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kecemasan keluarga pasien yang menderita stroke. Simpulan keluarga pasien stroke yang memiliki pengetahuan baik tentang penyakit stroke tidak mengalami kecemasan. Diharapkan keluarga pasien banyak mencari informasi tentang penyakit stroke, sehingga dapat mengurangi tingkat kecemasan.

 

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Kecemasan


Full Text:

PDF

References


Anwar, saifuddin. (2010). Metode Penelitian. Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Hartati Julia. (2012). Hubungan tingkat pengetahuan dengan Perilaku Family Caregiver Dalam Merawat Penderita Paska Stroke Di rumah. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Kementrian Kesehatan, R. I. (2019). profil kesehatan. Jakarta: https://www.kemkes.go.id/article/view/19102900002/begini-cara-mengenali-gejala-stroke.html.

Norris, M Allotey, P; Barrett, G. (2012). It burdens me : the impack of stroke In Central Aceh. Aceh Tengah Indonesia: Healt Illn.

Notoadmodjo, Soekidjo. (2008). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2009). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakart: PT Salemba Medika.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

RM. (2019). Rekam Medik RSI NU Demak. Demak.

Stuart, G. W. (2007). Buku Saku Keperawatan Jiwa (Edisi 5). Jakarta: EGC.

Tumeleng, S., Hadi, M., & Deetjesupit. (2018). Hubungan Pengetahuan dengan kecemasan Keluraga tentang tentang penyakit stroke dirauangan ICU RSU GMIM bethedsa Tomohon , 20 -21.

WHO. (2010).

Wiwit. (2010). Stroke Dan Penangananya. Jogjakarta: KataHati.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.